KULINER

Bela Para Pelaku Kuliner Tradisional agar Masyarakat Sejahtera

Herman Deru Harapkan APJI Angkat Kuliner Sumsel  pada Level Nasional

SumselNews.com, Palembang – Gubernur Sumsel H Herman Deru mengaku bangga dengan ditunjuknya  Sumsel sebagai  tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (APJI) VII Tahun 2022.

“Ini satu kebanggaan tersendiri  bagi kita,  Sumsel ditunjuk menjadi tuan rumah (Rakernas) Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (APJI) VII Tahun 2022,” ucap  Herman Deru memberikan sambutan pada Welcome Dinner Rakernas VII APJI di Griya Agung, Minggu (4/12) malam.

Menurut Herman Deru, Sumsel memiliki banyak variasi makanan yang tidak kalah dengan daerah lain, cita rasanya beraneka ragam yang dapat dinikmati oleh orang dari berbagai penjuru daerah.

“Kita harap dengan adanaya Rakernas APJI ini dapat mengangkat kuliner-kuliner lokal Sumsel ke level nasional, syukur-syukur nanti bisa go internasional,” harapnya.

Pada Welcome Dinner ini, Herman Deru berpesan agar  APJI dapat  menjadi lebih besar terlebih pasca pandemi Covid 19 yang dulunya sektor ini tetap tangguh ditengah badai pandemi dimana bisnis dan industri yang banyak yang terdampak.

Baca Juga:   Planning for your Business

 

“Tetapi tidak dengan jasaboga/kuliner tetap bertahan ditengah gelombang pandemi,” ungkapnya.

Lebih dari itu, kata Herman Deru pertumbuhan ekonomi Sumsel diatas nasional salah satu faktor pendukung utama adalah jasaboga/ kuliner ini.

“Jadi harus bangga, jasaboga ini pahlawan ekonomi.Jasaboga memiliki  peran penting salam mendongkrak  pertumbuhan ekonomi Sumsel, ” ucapnya.

Untuk itu, Herman Deru mengingatkan kepada APJI Sumsel untuk menginventarisir anggota sehingga ada peluang untuk maju  bersama-sama.

“Tantangan di dalam bisnis ini begitu dinamis. APJI ini saya ingin menjadi  holding dari semua jenis usaha jasaboga dan harus aktif,” imbuhnya.

Selain itu, Herman Deru menyarankan APJI ikut serta dalam aspek kesehatan bagi masyarakat. Sebab katanya sekarang ini dari mulai anak-anak sudah diajari makan praktis atau kemasan siap saji, karena itu APJI juga harus memberikan perannya  dalam  menjaga  aspek kesehatan masyarakat.

Baca Juga:   Ditreskrimsus Polda Sumsel Kejar Penyuplai BBM Di OKUT

“Artinya bagaiaman cara kita menikmati tapi tidak berbahaya bagi kesehatan. APJI punya peran disini, jadi jangan orientasi bisnis saja tapi juga berperan serta bagi kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Dalam rangkaian Rakernas Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (APJI) VII Tahun 2022 di Sumsel kali ini, berhasil pecahkan  Rekor Muri Makan tekwan 5.000 porsi atau terbanyak di Indonesoa.

Pada kesempatan ini, Ketua Umum DPP APJI, Rahayu Setiowati memberikan penghargaan kepada Ketua TP PKK Sumsel, Hj Febrita Lustia HD sebagai Pembina Stunting  Sumsel. Kemudian memberikan penghargaan kepada Koordinator Wilayah ICSB Sumsel, Hj Samantha Tivani HD sebagai Pembina Kemajuan UMKM di Sumsel.

Selain peserta Rakernas turut hadir pada kesempatan ini, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, I Gusti Ayu Bintang Puspayoga, serta para Kepala OPD Sumsel lainnya.(bbl)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button