SUMSEL

BPBD: Masyarakat Waspadai Banjir dan Longsor

SumselNews.com, Palembang — Puncak musim hujan sudah masuk dan terjadi di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), karena itu, potensi bencana hidrometeorologi sangat besar. Apalagi Sumsel memiliki kondisi geografis yang sangat beragam.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel, Iriansyah saat diwawancarai, Rabu (30/11/2022).

Iriansyah mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel mengimbau kepada masyarakat tetap waspada terhadap potensi bencana, mulai dari banjir bandang, tanah longsor, angin puting beliung dan sebagainya.

“Sekarang masuk musim penghujan, ancamannya bencana hidrometeorologi. Yang paling sering terjadi adalah banjir dan longsor. Inilah yang harus diwaspadai,” jelasnya.

Baca Juga:   Gubernur Sumsel Ungkap Belum Terima Laporan Terkait Penggusuran PKL Pasar 16

Lanjutnya, hidrometeorologi ini  menyebabkan terjadinya peningkatan curah hujan, sehingga menjadi banjir, tanah longsor, puting beliung dan lain-lain.

“Kondisi geografis di Sumsel memang merupakan daerah yang rawan banjir dan bencana hidrometeorologi, seperti longsor hingga angin puting beliung, karena memang banyak daerah yang rawan bencana,” ujar Iriansyah.

Iriansyah mengungkapkan, Selain itu juga, Sumsel terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi yang sangat rawan akan bencana longsor apalagi saat musim penghujan.

“Karenanya, kami minta seluruh masyarakat terutama di daerah rawan banjir dan longsor untuk selalu waspada. Yang jelas banjir dan longsor masih mengancam karena saat ini musim penghujan,” ungkapnya.

Baca Juga:   Beredar Isu Penghentian TPP, Gubernur Sumsel Tegaskan Tidak Ada

Ditambahkannya, pihaknya telah menyiagakan peralatan seperti perahu karet dan alat berat dalam menanggulangi bila terjadi bencana banjir dan longsor.

“Kita juga terus berkoordinasi dengan berbagai pihak mulai BPBD kabupaten dan kota dalam mengantisipasi bencana alam hingga koordinasi dengan TNI, Polri, PU dan lainnya,” kata Iriansyah.

Reporter :  MN

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button