SUMSEL

Pameran Kreativitas dan Inovasi SMK se Sumsel Jadi Agenda Tahunan

Tumbuhkan Kreativitas Guru dan Siswa, Lomba dan Pameran Kreativitas dan Inovasi SMK se Sumsel Jadi Agenda Tahunan

 

SumselNews.com, Muaraenim – Pembukaan Lomba dan Pameran Kreativitas dan Inovasi SMK se Sumsel Tahun 2022 dilaksanakan di Gedung Kesenian Muara Enim, Rabu (30/11/2022).

Kabid SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Mondyaboni, S.E S.Kom, M.Si mengatakan, tahun lalu siswa SMK se-sumsel tahun 2021 mendapat rekor MURI untuk produk Inovasi SMK terbanyak se Indonesia.

“Tahun ini kita gelar kembali Lomba dan Pameran Kreativitas dan Inovasi SMK se Sumsel. Kegiatan ini kita jadikan agenda tahunan. Sehingga kegiatan pameran itu bisa menjadi ruang bagi siswa dan guru SMK yang punya kreativitas dan punya inovasi untuk mengembangkan produk mereka dan memamerkan produknya,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Mondyaboni, orang bisa tahu ini ada produk SMK. Sehingga bisa menarik perhatian orang tua juga untuk memasukkan anaknya di SMK.

“Sekarang ini luar biasa kita buat kerjasama. Untuk SMK setelah lulus mereka bisa melanjutkan ke Perguruan Tinggi, kami sudah bekerja sama dengan Perguruan Tinggi di Indonesia untuk memberikan beasiswa kepada siswa SMK. Sehingga biaya semester sampai dengan biaya hidup itu sudah kami bekerja sama dengan beberapa Perguruan Tinggi,” bebernya.

Baca Juga:   Sarang Pungli, Pemerintah Cabut BPSDM Sumsel sebagai Penyelenggara Pelatihan Terakreditasi

Mondyaboni menjelaskan, untuk keterserapan di dunia usaha dunia kerja sudah bekerjasama dengan ratusan perusahaan yang ada di Indonesia.

“Kami sering mengadakan job fair untuk rekrutmen. Selain itu kami juga mengirim ratusan alumni kami ke beberapa perusahaan besar di Indonesia,” bebernya.

“Untuk yang mau berwirausaha kami juga berharap nanti anak-anak bisa berwirausaha. Sehingga ketika mereka tidak melanjutkan Perguruan Tinggi dan tidak mendapatkan pekerjaan mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Insya Allah ke depan kita buat program untuk anak-anak bisa berkompetisi dalam bagaimana mereka bisa berwirausaha. Sehingga kita bisa mendapatkan data anak-anak ini sebenarnya potensi untuk membuat usaha,” tuturnya.

Mondyaboni menjelaskan, selain pameran juga produk yang sudah ada mereka juga akan ada lomba seperti lomba water treatment,tata boga. “Jadi ada beberapa program keahlian tentang teknologi untuk teknik dan non teknik kita lombakan semua,” bebernya.

“Kalau SMA yang ikut pameran mereka bisa ikut sehingga mereka ada juga hasil inovasinya. Tapi ini khusus untuk siswa SMK se Sumsel,” katanya.

Baca Juga:   Perjuangan AMPCB Berhasil, PemkotĀ Palembang Resmi Alihkan Balai Pertemuan ke Dinas Kebudayaan

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Rambang Dangku Muara Enim Junaidi MPd mengatakan, pada pameran produk kreatif dan lomba kreativitas inovasi siswa SMK se Sumatera Selatan, SMK Negeri 1 Rambang Dangkung Muara Enim menampilkan produk kearifan lokal berbahan bambu yang banyak terdapat di area sekitar sekolah dan desa SMK Negeri 1 Rambang Dangku. Yakni menampilkan beberapa produk seperti burung merak, sepeda ontel Vespa, capung, kupu-kupu dan buku karya kepala SMK Negeri 1 Rambang Dangkung yang berjudul Putri Cantik dari Surga dan CEO SMK.

“Pameran yang diikuti oleh seluruh SMK negeri dan swasta Sumatera Selatan ini menampilkan berbagai produk karya siswa SMK dengan keunggulannya masing-masing,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala SMK Negeri 1 Rambang Dangku Muara Enim Junaidi MPd juga memperoleh penghargaan dari Gubernur Sumatera Selatan sebagai Kepala Sekolah Inspiratif Tingkat Nasional Terbaik 1 Tahun 2022.

Gubernur Sumsel berpesan agar kepala sekolah terus berinovasi dalam meningkatkan kreativitas siswa dan menjadi pelopor sekolah penggerak agar vokasi di Sumsel terus berkembang. (Yanti)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button