KOTA PALEMBANG

Puluhan Alumni Siswa SMKN 2 Palembang Dikirim ke PT Daya Kobelco Jakarta

SumseLike.com, Palembang – Kunjungan kerja Dewan Perwakilan Daerah DPRD Provinsi Sumsel Kepulauan Bangka Belitung dan Kegiatan Pengiriman dan Pelepasan Tenaga Kerja Alumni SMK negeri 2 Palembang ke PT Daya Kobelco Jakarta dilaksanakan di SMK Negeri 2 Palembang, Jumat (16/06/2023).

Kabid SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Mondyaboni S.E, S.Kom, M.Si mengatakan, Dia Boni mengatakan, anak-anak akan diberangkatkan ke PT Daya Kobelco di Jakarta.

“Alhamdulillah anak-anak kita bisa berhasil masuk ke dunia kerja. Provinsi Sumsel khususnya bidang SMK susah melakukan banyak upaya kita bekerja sama dengan Disnaker. Untuk menyalurkan anak-anak kita dari SMK untuk masuk ke dunia kerja,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, selama 2 tahun terakhir sudah banyak sekali kerjasama yang dilakukan Bidang SMK agar lulusan SMK bisa bekerja di dunia usaha dunia industri.

“Sudah banyak informasi sebelum pengumuman kelulusan anak-anak diterima di perusahaan-perusahaan. Ini tidak lepas dari peran dari guru di SMK kemudian dari kerjasama dengan Disnaker kabupaten kota,” katanya.

Mondyaboni menerangkan, ketika pihaknya akan membuat suatu kegiatan besar seperti Job Fair Akbar dengan menghadirkan anak-anak dari 17 kabupaten kota. Terkadang ada kendala yang dihadapi anak-anak karena tidak ada dana untuk keberangkatannya.

“Tapi alhamdulillah Disnaker 17 kabupaten kota bersama Bupati dan Walikota mensupport untuk bisa menyiapkan bus untuk berangkat. Kemudian kita minta bantuan Gubernur Sumsel untuk bisa tinggal di Asrama Haji dengan potongan harga yang luar biasa. Sehingga anak-anak kita bisa mengikuti rekrutmen yang diadakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia ini,” bebernya.

Baca Juga:   Perjuangan AMPCB Berhasil, PemkotĀ Palembang Resmi Alihkan Balai Pertemuan ke Dinas Kebudayaan

“Alhamdulillah PT Daya Kobelco hari ini ikut bekerjasama dengan kita memberangkatkan anak-anak kita dari SMK 2 Palembang. Kita berharap dari SMK lainnya diajak juga untuk bekerja sama supaya bisa bergabung juga dengan PT Daya Kobelco,” bebernya.

“Untuk anak-anak sekalian kami berpesan sama seperti pesan pak Suparman agar menjaga nama baik Sumsel juga nama baik SMK 2 Palembang. Dimanapun kalian berada, kalian alumni SMK Negeri 2 Palembang. Tunjukkan kinerja yang baik di manapun kalian berada,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, saat masih tinggal bersama orang tua semua disiapkan orang tua. Ketika tinggal di tempat orang lain belajar siapkan sendiri. Selain itu, juga arus menjaga kesehatan. “Siapkan vitamin untuk menjaga agar tubuh tetap sehat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 2 Palembang, Suparman, SPd, MSi menghimbau kepada anak-anak yang diberangkatkan untuk menjaga nama baik SMKN 2 Palembang. Karena ini adalah kepercayaan industri kepada SMKN 2 Palembang.

“Jaga etika. Karena kalau kerja malas atau panjang tangan, dan akhirnya orang perusahaan akan merasa kecewa tidak mau lagi merekrut siswa SMK 2 Palembang. Jangan sampai di blacklist,” katanya.

Baca Juga:   Pemotongan Hewan Kurban di Masjid Nur Zubaidah Baturaja Dilaksanakan Usai Sholat Idul Adha

Lebih lanjut Suparman menuturkan, SMK 2 yang ditekankan adalah akhlak. Karena sekarang di sini anaknya harus mengaji satu hari satu ayat. Kemudian itu disetorkan kepada guru agama.

“Setiap Jumat pagi jam 07.00 sampai jam 08.00 pagi itu ada kegiatan keagamaan siraman jasmani. Insya Allah anak ibu yang disekolahkan di SMK 2 tidak akan mengecewakan orang tua. Kecuali anak ibu itu terpengaruh dengan pengaruh lingkungan dari teman-temannya,” katanya.

Service Leader PT Daya Kobelco Palembang Tri Suharyanto menuturkan, SMKN 2 Palembang alumninya semua luar biasa.”Semoga alumni SMK Negeri 2 kedepannya akan menjadi orang hebat. Untuk tahun ini kita menerima 80 orang dari SMKN 2 Palembang,” ucapnya.

Tri menjelaskan, untuk penilaian pasti ada dari attitude, skill dan dari keseharian.” Semuanya ada penilaian jadi mudah-mudahan dari alumni yang hebat akan menghasilkan generasi yang hebat juga,” katanya.

“Kita pakai sistem kontrak kalau memang performanya memang sesuai dengan apa yang kita inginkan akan dia kerja di karyawan. Sekarang masa magang dan training ada 9 bulan sampai 1 tahun proses kontraknya. Jika memang memenuhi kriteria kita akan menjadikan karyawan tetap,” pungkasnya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button