KALAM

Tidak ingin Rezeki Sulit, Mbah Moen: Jauhi Kebiasaan Ini

KH Maimun Zubari atau yang akrab dipanggil Mbah Moen, pernah mengungkapkan beberapa kebiasaan yang dianggap sepele tapi bisa menghalangi rezeki sehingga hidup akan menjadi sulit.

kebiasan-kebiasaan yang bisa menghalangi rezeki yang disampaikan Mbah Moen dalam sebuah video yang diunggah kanal YouTube Kunci Fakta tersebut adalah.

1. Meludah di depan pintu dan jendela

Membuang ludah ternyata tidak boleh sembarangan. Ringan memang ketika melakukan membuang ludah sembarangan baik di buang melalui jendela ataupun di depan pintu.

Bahkan tanpa merasa bersalah setelah membuang ludah sembarangan, padahal dari kebiasaan yang satu ini, merupakan kebiasaan yang dapat menghambat rezeki kita.

Baca Juga:    Al-Quran Pedoman Hidup Bagi Manusia

Untuk itu, Mbah Moen menyarankan agar tidak membuang ludah sembarangan, baik di depan pintu ataupun di jendela.

Menurut Mbah Moen Pintu merupakan akses utama orang keluar masuk rumah, untuk itu patut dijaga kebersihannya salah satunya dengan tidak meludah di depan pintu ataupun jendela.

2.Tidak menutup aurat

Kebiasaan berikutnya yang dapat membuat rezeki seret adalah tidak menutup aurat pada saat makan, minum, dan menghitung uang.

Menurut Mbah Moen makanan, minuman, dan uang merupakan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

Dengan menutup aurat saat makan, minum,
dan menghitung uang merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Karena dengan bersyukur kepada Allah, maka rezeki akan bertambah dengan sendirinya.

Baca Juga:   Hukum Kurban dan Dalilnya yang Perlu Diketahui Umat Islam

3.Tidak mengucap salam saat memasuki rumah

Salah satu kebiasaan yang mungkin tanpa kita sadari adalah mengucap salam ketika memasuki rumah.

Hal itu ternyata dapat membuat rezeki menjadi terhambat. Untuk itu, Mbah Moen menyarankan agar setiap masuk rumah mengucapkan salam, baik rumah berpenghuni ataupun rumah kosong.

Salam tersebut cukup diucapkan satu kali, namun jika rumah itu kosongkosong, maka tetap mengucapkan salam untuk dirinya sendiri dan ditambah dengan membaca surah Al-Ikhlas satu kali.

“Itulah kebiasaan – kebiasaan yang tampak ringan sekali tetapi memiliki dampak yang membuat rezeki menjadi seret,” tutupnya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button